Memformat Flashdisk

Minggu, 23 Mei 2010 Minggu, Mei 23, 2010 By renhad

Memformat Flashdisk Dengan System NTFS

1Semakin meluasnya pemakaian usb flashdisk, sekarang banyak sekali penyebaran virus yang melalui media yang satu ini. Bahkan intensitas terjangkitnya lebih sering daripada media-media penyebaran virus yang lain. Bagaimana dengan penanggulangannya? banyak cara, termasuk memformat fdisk kita dengan tipe NTFS. Tetapi ketika kita akan mencoba mem-format melalui windows Explorer, mungkin disana tidak ada menu NTFS, adanya hanya FAT32 dan FAT. Bagaimana cara mem-format NTFS dan apa bedanya dengan FAT32 dan juga FAT ?fat32-file-system

Mengapa format NTFS lebih direkomendasikan?

NTFS merupakan format file system Windows terbaru setelah FAT32, dan mempunyai beberapa kelebihan seperti kemampuan menyimpan tambahan informasi mengenai file/folder (metadata), fitur keamanan, kompresi data, struktur yang lebih baik dan lainnya.

Selain itu, tipe NTFS bisa digunakan untuk mem-format ukuran yang lebih besar, Untuk FAT hanya 2 GB, FAT32 8 TB ( 8.000 GB), sedangkan NTFS bisa sampai 16 EB ( 16 juta TB ). Meskipun demikian, tetap saja NTFS ada kekurangannya, seperti tidak terbaca di Win9x dan proses baca tulis ke disk yang lebih sering.

Karena tiap file/folder menyimpan informasi yang lebih banyak (metadata), maka proses baca tulis tiap file/folder akan lebih sering daripada tipe FAT32 atau FAT, sehingga untuk flashdisk, mempengaruhi umur (daya tahan). Mengingat Memory Flashdisk mempunyai batasan baca tulis.

0 komentar:

Poskan Komentar